ALL POST
Senin, 11 November 2013

Sepucuk Janji Untuk Pahlawan Negeri ini




                Sepucuk Janji Untuk Pahlawan Negeri ini Janji adalah sebuah ucapan yang didasari atas kesadaran untuk melaksanakan sesuatu dan tidak melanggarnya. Itu menurut saya sendiri sebagai penulis teman. Coba kita lihat pengertian Janji menurut Kamus Bahasa Indonesia yaitu perkataan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat. Pengertian lain menyebutkan, bahwa yang disebut dengan janji adalah pengakuan yang mengikat diri sendiri terhadap suatu ketentuan yang harus ditepati atau dipenuhi.
                Ingatkah kalian dengan tanggal 27-28 Oktober 1928 dan tanggal 28 Oktober itu selalu diperingati setiap tahunnya di kalender indonesia, pasti beberapa dari pembaca disini ada yang bingung. Ada apa dengan tanggal itu?. apa yang terjadi?. Jawabanya adalah hari Sumpah Pemuda, dimana para pemuda Indonesia bersumpah untuk negaranya. Pasti dari beberapa pembaca juga telah banyak yang lupa apa isi sumpah pemuda itu.
                 Berikut ini adalah bunyi "Sumpah Pemuda" sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda Penulisan menggunakan ejaan Van Ophuysen.

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe                                bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. 
Kedoea  : Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe                                berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. 
Ketiga    : Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng                      bahasa persatoean,bahasa Indonesia.

             Sumpah ini hampir sama seperti janji. Mereka mengucapkannya dan tidak untuk melanggarnya.Oke, intinya janji harus di laksanakan, ditepati, dan tidak untuk di langgar. Seperti halnya yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan kita yang telah gugur di medan pertempuran demi melawan para penjajah negeri ini. Mereka pasti punya janji di dalam diri mereka masing-masing untuk tidak menyerah memperoleh kemerdekaan negara Indonesia tanah air mereka dan tanah air kita. Itulah janji pahlawan-pahlawan kita.
              Sekarang kita hidup di zaman kemerdekaan, di zaman yang tidak ada perang. Kita bisa tidur nyenyak dan makan enak tanpa harus menghindar dan melawan para penjajah. Itu karena pahlawan-pahlawan kita dimassa lampau yang memberikan kemerdekaan untuk negara kita.
              Tentunya kita tetap harus melanjutkan perjuangan pahlawan-pahlawan kita yang telah gugur di masa itu. Kita bisa melanjutkan perjuangan mereka dengan menjadikan bangsa ini lebih maju. Untuk menjalankan usaha perjuangan itu, marilah kita buat janji seperti para pemuda di masa itu, seperti para pejuang dimasa itu. Agar semangat kita dalam berjuang lebih membara.
           
 Dibawah ini adalah janjiku, janji untuk negeriku.
 1. Kami berjanji akan menanamkan dalam hati besarnya perjuangan yang engkau lakukakan untuk kami dan negeri ini.
2. Kami berjanji Indonesia akan tetap menjadi negara yang paling kami cintai dan tidak akan terganti.
3. Kami berjanji sebagai generasi penerus bangsa akan berusaha memperjuangkan dan membangun bangsa ini menjadi bangsa yang maju di mata dunia.
                 Dengan adanya janji diatas, maka kami akan lebih bersungguh-sungguh dalam melaksanakan perjuangan untuk memajukan bangsa ini. Kami tidak akan melanggar janji ini. Coba kalian baca dan pahami janji diatas, saya rasa kalian dapat memahami apa yang harus kami lakukan untuk menepati janji-janji itu. Dan saya rasa kalian dapat mengerti tentang isi janji-janji itu.

                Buat teman teman yang membaca artikel ini, itulah segenap penjelasan tentang seberapa besar arti dari sebuah janji seorang pahlawan. Janji bukanlah sekedar ucapan dari serangkaian kata-kata yang memiliki arti. Tapi dari setiap kata itu tersirat penuh dengan makna. Saya harap buat teman-teman untuk tetap selalu menghormati jasa-jasa pahlawan kita dan turut berjanji demi kemajuan bangsa ini.

1 komentar: