ALL POST
Sabtu, 02 November 2013

Kenapa zaman sekarang pahlawan tak dihargai?




                Kurangnya rasa nasionalisme, dan rasa mengahargai pahlawan yang berjuang menyebabkan kita kurang menghargai pahlawan nasionalisme. Padahal, mereka memperjuangkan negara ini demi generasi penerus seperti kita. Mereka mempertaruhkan jiwa raga, harta untuk mengusir penjajah dan ingin menjadikan Indonesia ini negara yang merdeka, dan Indonesia menjadi negara yang damai serta sejahtera. Keingin yang kuat dan jiwa nasionalisme yang mereka miliki itulah, mereka tak pandang lagi apakah mereka akan mati, dan meninggalkan harta beda serta anak istri demi Indonesia. Tapi apa dikata, perjuangan mereka hanya sebatas sejarah yang hanya dibaca oleh kaum muda seperti kita tanpa tahu makna perjungan yang telah mereka ukir dengan tetesan darah.
Para veteran adalah superhero Indonesia. Mereka tak bedanya dengan para superhero yang kita lihat di televisi. Menyelamatkan nyawa ribuan jiwa, menyelamatkan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Para superhero seperti Superman, amat terkenal dikalangan masyarakat. Sangat berbeda dengan para veteran kita. Padahal apa yang mereka lakukan itu sama. Tetapi sekarang lihatlah, banyak sekali para veteran yang hidupnya miskin. Seakan perjuangan mereka hanya sebatas goresan waktu, yang tak berbekas. Betapa sedihnya, ketika media mengekspose kehidupan para veteran. Mereka tinggal dirumah gubuk dengan keadaan yang sederhana sekali. Seharusnya pemerintah memberikan fasilitas yang layak, dan memberikan mereka tunjangan hidup bagi para veteran-veteran tersebut. Jasa mereka begitu besar. Bayangkan, kalau saat ini Indonesia belum merdeka. Kita hidup dibawah jajahan negeara lain seperti Belanda atau Jepang,kita pasti akan merasa tersikasa, dan tak aman. Negara ini tidak akan seperti saat ini.
Kurangnya rasa menghargai pahlawan juga bisa disebabkan ketidak tahuan kita akan sejarah yang telah diukir oleh para pahlawan.Karen sejarah indonesia hanya didapatka di bangku sekolah saja. Menyebabakan pengetahuan kita tentang sejarah Indonesia ini sangat terbatas. Apalagi pada zaman sekarang, orang hanya sibuk dengan teknologi modern, dan jarang seseorang yang ingin mencari tahu tentang bagaiman bangsa Indonesia ini terukir menjadi negara yang merdeka.
Apalagi zaman sekarang, pemerintah lebih fokus membangun Indonesia menjadi lebih maju. Memperbaiki sistem pemerintahan yang ada. Oleh karena itu, veteran-veteran serta masyarakat lain yang hidupnya kekurangan, belum terjamah untuk  diberikan fasilitas yang baik dan hidupnya belum bisa disejahterakan.

Sebagai pemuda, kita haruslah menghargai perjuangan para pahlawan, seperti  menjadi sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan tinggi, serta moral yang baik. Dan turut serta membangun Indonesia menjadi negara yang maju. Pengetahuan yang tinggi sangat mendukung dalam memajukan Indonesia. Serta akhlak yang baik pula akan menjadikan Indonesia ini sejahtera. Bersemnagatlah teman, membangun negeri ini. Kalu bukan kita para pemuda, siapa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar